Jumat, 10 Desember 2010

Refleksi Hak Asasi Manusia

Duh sayang sekali baru kali ini tidak menulis tentang hak asasi manusia dalam rangka memperingati hari hak asasi manusi sedunia 10 desember 2010. padahal realitas hak asasi manusia tidak pernah padam selama masih ada manusia!!

namun dua hari ini masih sempat bergelut dengan dunia hak asasi manusia. yang pertama, mengadakan poling tentang perlakuan diskriminasi, pelecehan dan penghinaan bagi para mahasiswa fakultas hukum. kedua mengadakan refleksi dengan menonton film the new rulers of the world di fakultas hukum.

intinya, kesadaran tentang hak asasi manusia masih cenderung kurang karena dari sekian banyak mahasiswa, cuma ada 30 responden yang ngasih respon terhadap poling, itupun ada yang cuma main-main aja.
selain itu, acara nonton film nya juga dihadiri oleh segelintir mahasiswa, itupun juga dipaksa.....heemmmmmm, bukankah ini menunjukan bahwa dislokasi hak asasi manusia bukan semata disebabkan impotensi infrastruktur hukum, melainkan juga disebabkan rendahnya pengetahuan dan perhatian masyarakat terhadap pentingnya hak asasi manusia!


mungkin itu aja ya kesimpulannya.
jika anda membaca tulisan ini dan ternyata tidak tertarik untuk merenungkan, ada dua kemungkinan yang muncul.
pertama, mungkin karena anda telah benar-benar tahu pentingnya hak asasi manusia atau,
kedua, anda sama sekali tidak peduli dengan isu-isu hak asasi manusia yang masih sangat sering terjadi


salam hangat
jember, 10 desember 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar